Rabu, 15 Januari 2014

JURNAL 2

CREDIT UNION IMPACT ON WOMEN EMPOWERMENT IN KALIMANTAN

(Credit Union Dampak Terhadap Pemberdayaan Perempuan dikalimantan)

JURNAL 2

Akses perempuan terhadap layanan keuangan mikro telah meningkat secara substansial dalam 10 tahun terakhir, tetapi kemampuan untuk mengakses lebih terbatas karena berbagai masalah yang berkaitan dengan jenis kelamin perempuan. Sudan telah membuktikan keberhasilan pemberdayaan perempuan, baik di bidang sosial, ekonomi dan budaya. Tujuan Untuk meninjau manfaat dari Credit Union dalam meningkatkan situasi penerima manfaat (perempuan pedesaan) dari sudut pandang ekonomi, sosial, budaya dan psikologis membahayakan. Menilai faktor kunci keberhasilan dalam menerapkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 

Keberadaan Credit Union (CU) telah mampu memperdaya perempuan dalam kegiatan ekonomi keluarga, di mana sebagian besar kredit yang diterima oleh perempuan terutama di daerah pedesaan telah digunakan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis mereka, baik bisnis baru atau bisnis lama, yang terlihat dari pendapat mereka bahwa ini harus meningkatkan pendapatan .

Kata kunci: serikat kredit, pemberdayaan perempuan, entepreneurship 

Dampak yang sangat positif dari kredit mikro, manfaat utama dari kredit mikro adalah: (a) meningkatkan pendapatan keluarga dan kualitas hidup, dan sebagai perempuan mewakili 90% dari peminjam, kontribusi mereka adalah penting, (b) mempromosikan kebiasaan tabungan antara peminjam perempuan miskin (c) telah meningkatkan kesadaran dan perempuan diberdayakan untuk berkontribusi kegiatan sosial-ekonomi yang beragam, dan (d) telah mendorong perempuan untuk mengambil peran aktif dalam politik Bangladesh. 

Ruang lingkup dari serikat kredit, terdapat 3 elemen di dalamnya. (1) Perbankan, jika harian perbankan dan tabungan produk di dunia yang dikenal deposito (deposito), maka kasus yang sama dengan serikat kredit. Bahkan dalam serikat kredit mampu memberikan bunga yang lebih besar dari bank. Secara umum, serikat kredit yang bernaung di bawah Badan Koordinasi Credit Union Credit Union Kalimantan Tengah dan Equatorial memberikan penghematan pa bunga sampai 14%, (2) Koperasi adalah napas utama lebaga bernama credit union. Unsur-unsur dan nilai-nilai yang terkandung dalam koperasi begitu kental di organisasi serikat kredit. (3) Asuransi, polish koperasi diri menjadi lembaga yang mengusung nilai-nilai dan unsur-unsur yang terkandung dalam asuransi. Keprihatinan lembaga dalam melindungi anggotanya, baik dalam bentuk deposito atau pinjaman. Selain itu, secara internal menciptakan produk serupa yang dikenal sebagai solidaritas. 
(Http :/ / zokeher.wordpress.com / RUANG-lingkup-credit-union) 

Menurut teori bahwa serikat kredit atau credit union, atau biasa disingkat CU adalah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan bagi anggotanya sendiri. Credit Union memiliki tiga prinsip utama yaitu: http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi_kredit 
1) prinsip self-help (tabungan hanya dari anggotanya); 
2) prinsip teman-teman setia (pinjaman hanya diberikan kepada anggota) dan 
3) prinsip pendidikan dan kesadaran (membangun karakter adalah yang terpenting, hanya karakter yang baik yang dapat menerima pinjaman). 
Konsep CU adalah orang-orang yang menjadi anggota harus membayar iuran, tabungan, dan tabungan. Menyimpan itu akan menjadi jaminan untuk meminjam jumlah yang masih wajar. Yang mungkin meminjam hanya anggota, tidak boleh orang luar.
(Tony Kusmiran Credit Union Ala Indonesia Edisi 605 | 22 Oktober 2007) 

Aspek partisipatif dan adil meliputi (1) memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses ke sumber daya dan pelayanan sosial, (2) tentang hak-hak dasar, (3) mengembangkan kesamaan, (4) menguntungkan, (5) sehubungan dengan keinginan ataukebutuhan individu untuk berkontribusi untuk kebaikan bersama, (6) memanfaatkan secara optimal adil tetapi apa yang telah diciptakan di dunia ini, (7) lebih dari karakter moral hukum, dan (8) berkaitan erat dengan kebutuhan manusia pada khususnya. 

KESIMPULAN DAN IMPLIKASI 
Keberadaan Credit Union (CU) telah mampu memperdaya perempuan dalam kegiatan ekonomi keluarga, di mana sebagian besar kredit yang diterima oleh perempuan terutama di daerah pedesaan telah digunakan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis mereka, baik bisnis baru atau bisnis lama, yang terlihat dari pendapat mereka bahwa ini ini harus meningkatkan pendapatan. Hasil peningkatan pendapatan digunakan untuk mengembangkan bisnis kembali, untuk meningkatkan biaya sekolah anak-anak sehingga meningkatkan tingkat pendidikan dan standar kesejahteraan, pembelian perabot rumah tangga, menambah pembelian kendaraan yang digunakan untuk memfasilitasi upaya mereka, untuk merenovasi rumah dan sebagian kecil digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau konsumtif.
Dengan menjadi anggota CU yang mereka benar-benar merasakan pengaruh positif yang merasa lebih percaya diri karena mereka merasa bisa membantu kebutuhan keluarga atau untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Demikian juga, keterbukaan terhadap orang lain juga meningkat karena mereka merasa lebih berpengetahuan dan kurangnya informasi yang ditinggalkan oleh orang lain.
Faktor kunci keberhasilan dalam menerapkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan adalah faktor ekonomi, faktor sosial, faktor psikologis dan faktor kewirausahaan.


REFERENSI 

Bambang Ismawan, Peran Lembaga Keuangan Mikro Dalam Otonomi Daerah, Jurnal Ekonomi Rakyat, Artikel - Th. II - No 1 - Maret 2003
Besley, T. (1995) "Bagaimana kegagalan pasar membenarkan Intervensi di pasar kredit pedesaan". "Bagaimana kegagalan pasar membenarkan intervensi di pasar kredit pedesaan."
Bangladesh Institute of Development Studies (Tawaran) (1999) "Alokasi waktu perempuan di daerah pedesaan: Bangladesh Institute of Development Studies (bid) (1999)" Alokasi waktu bagi perempuan di daerah pedesaan:. Peran kredit mikro "
Komisi Pemilihan Bangladesh (BEC) (1997) Statistik terpilih Union Parishad Members, Bangladesh Komisi Pemilihan Office, Komisi Shere-Bangla Bangladesh Pemilihan (BEC) (1997) statistik terpilih Union Parishad Anggota, Kantor Komisi Pemilihan Umum Bangladesh, Shere-Bangla Nagar , Dhaka. Nagar, Dhaka.
Coleman, B. (1999) "Dampak dari pinjaman kelompok di timur laut Thailand." Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. Coleman, B. (1999) "Dampak dari pinjaman kelompok di timur laut Thailand Vol." Jurnal pembangunan ekonomi. 60 (1) Oktober 1999: 105-141 60 (1) Oktober 1999: 105-141
Goetz, A. dan Goetz, A. dan R. Mon Gupta (1994): R. Mon Gupta (1994): "Siapa yang mengambil kredit?" Siapa yang mengambil kredit? Gender, kekuasaan dan kontrol atas penggunaan pinjaman dalam Program kredit pedesaan di Bangladesh ". Kertas kerja. Gender, kekuasaan dan kontrol atas penggunaan pinjaman dalam program kredit pedesaan di Bangladesh" kertas kerja .. Brighton, Inggris: Institut Studi Pembangunan, Universitas Sussex. Brighton, UK: Institute for Development Studies, University of Sussex.
Khandokar. Khandokar. Rumah Sakit dan Pitt, M. M (1996): "Rumah Tangga dan dampak intrahousehold dari Grameen Bank dan Program kredit ditargetkan serupa di Bangladesh". Rumah Sakit dan Pitt, M. M (1996): "Rumah Tangga dan dampak intrahousehold dari Grameen Bank dan program kredit ditargetkan serupa di Bangladesh". Makalah diskusi Bank Dunia. Makalah diskusi Bank Dunia.
Morduch. Morduch. J (1998): "Revolusi keuangan mikro". 
J (1998): "Microfinance Revolution." Mimeo, Harvard University. Mimeo, Harvard University.
Shanthi Nachiappan dan SNSoundara Rajan, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan: Kasus Kerja Wanita Forum, India Kasus Forum Kerja Perempuan, Jurnal Perempuan International Studies Vol. 10 # 2 November 2008 10 No.2 November 2008, India
Bank Dunia (1999): Mid Term Review dari Pengentasan Kemiskinan dan Keuangan Mikro Project. : Mid-istilah penelaahan terhadap proyek Penanggulangan Kemiskinan dan Keuangan Mikro. Bank Dunia, Dhaka. Bank Dunia, Dhaka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar